Jenis Distro Linux for Hacking or Pentest

Diposting oleh Unknown on Selasa, 05 Februari 2013

Jenis Distro Linux Untuk Hacking - Pentesting
Pada artikel kali ini saya akan coba membahas beberapa macam Distro linux yang digunakan untuk hacking atau penetrasi test jaringan (pentest). Mungkin dari beberapa yang paling sering digunakan.
Penetrasi jaringan adalah proses yang dilakukan oleh seseorang (pentester) untuk masuk ke jaringan atau komputer dengan cara mencari celah keamanan (vulnerability) dalam sistem.

Pentesting sangat diperlukan untuk meminimalisasi celah keamanan yang ada. Dengan begitu seseorang yang tidak punya hak tidak akan mudah masuk ke sistem.

Yang jelas pentest itu intinya mencari celah keamanan dalam sistem untuk selanjutnya melakukan perbaikan (patch) terhadap celah tersebut.

Mungin sebagaian dari kawan-kawan sudah banyak yang mencoba dari beberapa distro linux ini. Salah satu yang paling terkenal adalah backtrack. Tapi ternyata masih banyak distro lain yang menarik untuk dicoba jika ingin melakukan penetrasi network. Disini saya bukan berarti men-sort distro berdasarkan yang paling baik, karena penetrasi network tergantung dari pentesternya dan object yang akan di pentest.
Ok apa saja distro linux itu, berikut distro linux untuk Hacking
1. Backtrack
republicofnote.blogspot.com
Backtrack merupakan salah satu distro linux untuk penetrasi dan audit yang paling banyak digunakan saat ini di seluruh dunia. Backtrack awalnya adalah Whoppix, IWHAX, and Auditor kemudian di gabungkan menjadi satu live linux cd dimana terintegrasi lebih dari 300 security tools didalamnya. Tak Heran Backtrack 4 pre release di download lebih dari 4 juta. Versi terakhir backtrack 5 di release 10 mei 2011.

2. Samurai Web Testing Framework
republicofnote.blogspot.com
Nah yang Biasa dengan Web Testing tak salah untuk menggunakan ini. Distro linux ini memang di khususkan untuk web testing. Didalamnya terdapat banyak open source tool pilihan untuk web testing. Seperti dikutif di official webnya, Web testing framework menyediakan tool-tool untuk web test dalam 4 tahap.
Dimulai dengan tahap reconnaissance, distro ini menyediakan tool semacam fierce domain scanner dan maltego. Untuk mapping tersedia tool semacam WebScarab dan ratproxy. tahap Discovery bisa menggunakan tool w3af dan burp. Dan terakhir exploitasi tersedia tool BeEF, AJAXShell dan lainya. versi terakhirnya adalah samurai-0.9.9.

3. NetSecL
republicofnote.blogspot.com
NetSecL adalah Distro linux berbasis OpenSuse Untuk penetrasi jaringan Computer desktop maupun server. Versi terakhir NetsecL 3.2 dengan fitur XFCE memberikan performance yang handal, compatibility dengan OpenSuse 11.4 dan kernel 2.6.32.8. Bagi anda yang biasa dengan lingkungan OpenSuse NetSecl bisa menjadi pilihan untuk melakukan pentest system.

4. The Live Hacking DVD
republicofnote.blogspot.com
live DVd hacking adalah distro linux baru dengan base Ubuntu yang berisi tool-tool untuk ethical hacking, pentest, dan countermeasure. Didalamnya terdapat tool-tool untuk DNS, reconnaissance, foot-printing (mengumpulkan informasi komputer target), password cracking, network sniffing, spoofing dan wireless utilities. Untuk daftar list tool yang tersedia didalamnya bisa langsung chek di official webnya, and disini juga banyak free tutorial dan demo video.


5. Blackbuntu
republicofnote.blogspot.com
Distro Linux ini sesuai namanya berbasis ubuntu dengan GNOME Desktop Environtment Di buat terutama untuk security training students dan praktisi security jaringan. Built di ubuntuk versi 10.10 dan salah satu distro untuk penetrasi mirip Backtrack. Versi terakhir CE 0.2

6. Nodezero
republicofnote.blogspot.com
NodeZero adalah Ubuntu Linux yang dirancang sebagai sebuah sistem lengkap yang juga dapat digunakan untuk pengujian penetrasi. NodeZero menggunakan Ubuntu repositori agar sistem anda selalu diperbarui. Konfigurasi sistem sangat penting dan terutama ditujukan untuk instalasi dan kustomisasi dari disk yang Anda inginkan. NodeZero dilengkapi dengan lebih dari 300 alat untuk pengujian penetrasi dan satu set layanan inti yang diperlukan untuk pengujian penetrasi. mereka juga menyiapkan alat repositori agar sistem anda diperbarui setiap saat.

7. Pentoo
republicofnote.blogspot.com
Pentoo adalah Live CD dan Live USB dibuat terutama untuk pengujian penetrasi dan penilaian keamanan. Berdasarkan Gentoo, tersedia baik sebagai 32 dan 64-bit Live CD. Ini fitur injeksi paket ditambal driver wifi, software GPGPU retak, dan banyak alat yang baik untuk pengujian penetrasi dan penilaian keamanan. Saat ini, standar window manager Pentoo adalah Pencerahan dan menggunakan Kernel Linux 2.6.31.6 dengan patch LZMA dan aufs.

8. Backbox
republicofnote.blogspot.com
Backbox lain Penetrasi Linux pengujian distribusi berbasis Ubuntu. Backbox cukup mudah digunakan dan Anda akan menemukan sedikit lingkungan dekstop jika Anda pengguna setia jendela, seperti yang saya harap Anda. Backbox menawarkan alat Pengujian Penetrasi berbagai layanan dan juga dianggap sebagai salah satu distribusi Linux tercepat yang tersedia di internet. Backbox memiliki serbaguna dan antarmuka yang ramah hacker Jadi, praktisi keamanan semua, Hacker Etis dan ingin menjadi hacker harus memberikan mencoba.

9. SANS Investigate Forensic Toolkit (SIFT) Workstation
republicofnote.blogspot.com
Yang tertarik di Dunia Forensic komputer. International team of forensic expert Sans Faculty telah membuat distro linux yang di khusunya untuk bidang ini. Distro linux ini telah di release ke public dan bisa digunakan oleh setiap orang yang tertarik untuk 'menangkap intruder' :D. Tookit yang disediakan sudah sesuai dengan perkembangan modern forensic tool. Mungkin Distro ini untuk advance user kayaknya. :D . tapi jika ingin mencobanya bisa baca terlebih dahulu official webnya.

10. Operator
republicofnote.blogspot.com
Satu lagi Distro turunan Debian untuk penestrasi jaringan. Distro yang mirip dengan knoppix yang bootable dari cd dan running di RAM ini dilengkapi juga dengan forensic dan recovery tool.
Operator berisi banyak open source network security tool untuk penetrasi computer dan server anda. langsung saja check out webnya dan download.

11.Squitch
republicofnote.blogspot.com
Mungkin ini distro linux yang paling menarik menurut saya. Memang masih banyak Distro-distro linux lainya. Tapi kembali lagi itu tergantung pentesters dan objectnya. Distro mana yang nyaman dipakai pentester dan object seperti apa yang akan di pentest.

12. GnackTrack 
republicofnote.blogspot.com
GnackTrack adalah LiveCD (dan diinstal) distribusi Linux dirancang untuk menguji penetrasi dan didasarkan pada Ubuntu.
GnackTrack adalah distribusi pengujian penetrasi untuk para penggemar Gnome.
Banyak dari kita telah mendengar BackTrack, masih menggunakan KDE. Banyak orang lebih memilih distribusi berbasis Gnome, dan dengan demikian lahir GnackTrack. GnackTrack awalnya diciptakan dengan menambahkan Gnome di BackTrack dan kupas atas bagian dari KDE, tapi ini sangat disayangkan, Ada banyak cruft left sehingga diputuskan untuk membangun sebuah penetrasi cd gnome berdasarkan dari awal.
Karena Ubuntu adalah salah satu distribusi yang paling populer, masuk akal untuk GnackTrack, terutama karena 10.04LTS akan memiliki dukungan jangka hidup.
olah karena itu mengapa distro ini disebut GnackTrack (Gnome + Backtrack),menurut saya GnackTrack kurang profesional karena masih menggunakan repo dari Backtrack tanpa ada timbal baliknya dari GnackTrack,sehingga membuat kecewa Orang yang membuat Backtrack.

13. Helix.
republicofnote.blogspot.com
Helix is an Ubuntu-based Live CD that is specially made for system analysis, data recovery, security auditing, and incident response. It runs in two modes: Linux mode (boots in native Linux environment) and Windows mode (runs inside a Windows system like a normal application). Helix is mainly aimed towards experienced users and network administrators who are working in computer networks that are constantly bombarded with high-level threats of security breaches and data loss.

Distro Hacking Lainnya

Arudius –
Weaknet – 
Matriux – 
Vast Linux – 
Damn Vulnerable Linux. - 
Auditor Linux - 
Network Security Toolkit (NST) -
nubuntu -
PHLAK Linux Professional Hacker’s Linux Assault Kit - 
Share Please :

Posted by : Keiruchan Agatha ~ / Portal Media Informasi Pilihan

Markup Validation Service
Anda telah membaca artikel Jenis Distro Linux for Hacking or Pentest Ditulis oleh Keiruchan Agatha pada Selasa, 05 Februari 2013. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link yang ada di bawah sebagai sumbernya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Salam blogger and Happy blogging.

Baca Yang Ini Juga Boz :

{ 3 komentar... read them below or add one }

Dwi's Blog mengatakan...

wah... mantep banget gan macam-macam distro linux'a bisa di download di sini,salut ane..... salam penggemar linux,kunjunganya baliknya sob www.alternatifmasadepanpras.blogspot.com

anwar basori mengatakan...

good....
lumayan buat tambahan repository..

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan tidak meninggalkan link. Jika ada kesalahan dalam artikel ini dan jika ada saran dan kritik silahkan tulis komentar anda dibawah dengan baik dan sopan... ;)
Dan jika kedapatan link yang mati dalam penempatan software atau game harap beritahukan agar segera diperbaiki...

 
Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service