Mengenal Macam-Macam System Operating

Diposting oleh Unknown on Selasa, 05 Februari 2013

Mengenal System Operasi merupakan keperluan atau bahkan patut untuk kita ketahui mulai asal, pencetus atau yang membuat, lalu pengembang, tahunnya dan sebaignya. Banyak sekali sistem operasi yang berjalan saat ini, mulai dari baik yang menunjang pekerjaan kita atau yang lainnya, tergantung kita sendiri untuk memilihnya yang tepat dan nyaman dalam kehidupan sehari-hari, sistem operasi ini tidak ada yang sempurna maka dari itu mengapa ada banyak sekali pilihannya Ada banyak sistem operasi komputer yang beredar dipasaran baik itu yang berlisensi ataupun yang free. Berikut adalah macam-macam sistem operasi untuk komputer : 

SISTEM OPERASI MICROSOFT WINDOWS
Microsoft windows adalah sistem operasi yang paling populer dan dikenal oleh khalayak dengan sebutan windows. Sistem operasi windows merupakan produk perusahaan raksasa perangkat lunak pimpinan Bill Gate yaitu Microsoft Corperation. Awalnya sistem operasi berbasis teks dan Command-Line interpreter yang dikenal dengan sebutan DOS. Kemudian dikembangkan sehingga terbentuk sekarang sistem operasi yang sangat user friendly dengan antar muka berbasikan GUI (Graphical User Interface). 

SISTEM OPERASI UNIX 
UNIX adalah Sistem Operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX didesain sebagai Sistem Operasi yang portabel, Multi-Tasking dan Multi-User. Sistem Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan Server, Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX pun dikembangkan oleh banyak pihak dan menyebabkan banyak sekali varian dari UNIX ini. UNIX sendiri ditulis dalam bahasa C sehingga UNIX pun mirip dengan DOS yaitu Line/Text Command Based selain itu UNIX pun merupakan Sistem Operasi yang secure dibanding dengan Sistem Operasi lain, karena setiap file, direktori, user dan group memiliki set izin tersendiri untuk diakses. Karena adanya dukungan Proyek GNU, maka selanjutnya UNIX berkembang menjadi LINUX (Salah satu varian UNIX). 

SISTEM OPERASI LINUX 
LINUX adalah sistem opearasi yang dikembangkan oleh Linus Torvalds dan merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX), peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari Sistem Operasi GNU. Linux memiliki banyak disain yang berasal dari disain dasar UNIX, Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani kontrol prosses, jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem berkas. Karena Linux merupakan kloningan dari UNIX, maka banyak kemiripan di antara keduanya. Untuk pengguna komputer Desktop, Linux meluncurkan berbagai varian. Diantara varian-varian yang populer adalah GNOME, KDE dan Xfce. Sebuah sistem Linux menyediakan antarmuka baris perintah lewat sebuah Shell (Konsole). Perbedaan utama antara Linux dan Sistem Operasi Populer lainnya terletak pada Kernel Linux dan komponen-komponennya yang bebas dan terbuka. Sama seperti pada UNIX, Linux berkonsentrasi pada Workstation dan Server banyak Workstation dan Server yang mengandalkan Linux karena Linux sangat stabil digunakan untuk jangka waktu lama dan Linuxpun kebal terhadap Malware. 

SISTEM OPERASI IBM OS/2 
Sistem Operasi IBM OS/2 adalah sistem operasi yang kelahirannya dibidani oleh International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporation. Tujuan penggunaan dari sistem operasi ini adalah dikhuruskan pada komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS. OS/2 adalah singkatan dari Operating System/2, Sistem Operasi ini didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprosessor Intel 80286 , termasuk diantaranya adalah Modus terproteksi (Protected Mode), mampu menjalankan tugas secara Simultan, serta mendukung Memori Virtual, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MS-DOS yang beredar saat itu. SISTEM OPERASI MAC OS Sistem operasi Mac OS atau Macintosh Operating System adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan pelopor Sistem Operasi berbasis antar muka grafis (Graphical User Interface/GUI). 

SISTEM OPERASI FREE BSD 
FreeBSD adalah Sistem Operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T. FreeBSD berjalan di atas sistem intel x86. FreeBSD sendiri kali pertama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan dari FreeBSD adalah menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. FreeBSD sendiri dikembangkan dari 386BSD sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip Intel. SISTEM OPERASI SOLARIS Sistem Operasi Solaris adalah sebuah Sistem Operasi yang berdasarkan UNIX system yang diperkenankan oleh Sun Microsystems oada tahun 1992 sebagai pendukung SunOS. Solaris terkenal karena kestabilannya, khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture), Solaris disertifikasi dalam Spesifikasi UNIX walaupun pada awal pengembangannya berdasarkan kepemilikan pribadi, dan kebanyakan kode dasarnya sekarang ini merupakan Software OpenSource yang biasa dikenal dengan OpenSolaris. OpenSolaris adalah OpenSource versi Sistem Operasi Sun Solaris, tetapi Sun Solaris terdiri dari lebih beberapa kode yang tidak hanya inti dari Sistem Operasi misalnya : Source untuk Installer, Desktop, Software. 

SISTEM OPERASI CHROME 
Inilah gebrakan dari google. Setelah google berhasil menguasai dunia maya dengan mesin pencarinya yang digunakan oleh sebagaian besar pengguna internet, kini google juga mencoba bersaing di sistem operasi untuk komputer. Chrome OS adalah Sistem Operasi besutan Google yang ringan dan berbasis Linux dan standard web untuk personal computer PC. Google Chrome bekerja dengan metode Windowing atau switching (Multi-Tasking). Google Chrome OS menggunakan standard web HTML 5, yang merupakan pengembangan software di browser yang berbasis Sistem Operasi. Jika dilihat-lihat, Chrome OS ini merupakan gabungan dari Linux dan Windows Vista. Chrome OS dirilis pada pertengahan 2010. Nah itulah macam-macam sistem operasi untuk komputer yang bisa saya sajikan buat kalian par pelajar yang sedang mencari artikel tentang sistem operasi. Semoga bisa bermanfaat dalam memperkaya pengetahuan kalian tentang ilmu teknologi dan informasi komputer. Semoga tetap berprestasi.
Share Please :

Posted by : Keiruchan Agatha ~ / Portal Media Informasi Pilihan

Markup Validation Service
Anda telah membaca artikel Mengenal Macam-Macam System Operating Ditulis oleh Keiruchan Agatha pada Selasa, 05 Februari 2013. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link yang ada di bawah sebagai sumbernya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Salam blogger and Happy blogging.

Baca Yang Ini Juga Boz :

{ 1 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

Izin Copas :D dan di kasih sumber :D

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan tidak meninggalkan link. Jika ada kesalahan dalam artikel ini dan jika ada saran dan kritik silahkan tulis komentar anda dibawah dengan baik dan sopan... ;)
Dan jika kedapatan link yang mati dalam penempatan software atau game harap beritahukan agar segera diperbaiki...

 
Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service