Apakah itu Google Sanbox...?

Diposting oleh Keiruchan Agatha on Kamis, 15 November 2012

Markup Validation Service

Apakah diantara kalian ada yang tahu apa itu Google Sanbox? atau apakah tidak tahu semua..
Hal ini kerap sekali banyak dipeertanyaan bagi blogger pemula, banyak juga yang tidak mengenal atau mengetahuinya, termasuk saya..hehehe
OK sekarang saya mau bahas apa itu Google Sanbox.
Google Sandbox biasanya merayapi dalam bentuk konten atau artikel yang ada buat, jadi google akan memeriksa dan merayapi/menyaringnya 1per 1 dan sedemikian rupa yang dianggapnay apakah sebagai spam, duplikat ganda, tiruan dan lainnya.
Google Sandbox merupakan suatu keadaan di mana sebuah situs atau blog yang telah didaftarkan ke mesin pencari hilang dari peredaran SERP (Search Engine Result Pages) Google. Atau lebih akrab disebut oleh para webmaster dengan penjara Google. Biasanya situs yang terkena efek ini adalah yang umurnya masih muda, namun tidak menutup kemungkinan bagi situs yang mempunyai ranking bagus di Google juga terkena efek Google Sandbox.

Google Sandbox adalah tempat sementara sebuah situs atau blog diparkir dan dinilai oleh Google. Apakah alamat tersebut layak muncul dalam SERP atau tidak. Tentu pertimbangan Google ini didasari oleh peraturan-peraturan yang telah diberikan. Selangkapnya Anda bisa baca posting Beberapa Hal Yang Membuat Blog  diBanned oleh Google.

Secara normal sebuah situs baru bisa keluar dari Sandbox setelah 6 bulan. Hal inilah yang menjadikan Google Sandbox sebagai salah satu momok besar bagi setiap blogger dan webmaster. Namun jangan khawatir ada beberapa cara untuk mempercepat sebuah situs atau blog keluar dari Sandbox dan akan saya jelaskan lebih lengkap pada postingan berikutnya.

Penyebab Artikel Yang Terkena Google Sandbox :
- Melakukan optimasi yang berlebihan, sehingga google menganggap spam. Hal ini dikarenakan terlalu sering mem-ping blog ke berbagai submit, kl dari infonya master nge-ping itu defaultnya atau tepatnya 14 hari sekali
- Artikel yang di anggap plagiat, tanpa menyertakan sumber referensi nya. Kerap sekali banyak blogger yang melakukan hal ini, karena semata hanya untuk kepentingan sendiri dan agar dianggap postingannya original, padahal tidak, setidaknya memberikan referensi berasal dari mana dia membaca
- Berburu backlink secara berlebihan. Ini biasa dilakukan oleh blogger pemula, dipasangnya widget sampai puluhan
- Spamming Keyword/dalam artikel terlalu banyak menyebut satu kata yang berulang-ulang. Misal dalam jumlah 300 kata terdapat puluhan keyword atau kata yang sama.

Itulah gejala artikel terkena google sandbox. Dan biasanya yang sering terkena adalah sebuah artikel yang sedang mengikuti sebuah kontes SEO.

Cara Mengatasi Google Sandbox :
- Lakukan edit artikel yang terkena google sandbox tersebut, teliti artikel tersebut, apa yang patut di kurangi dan yang patut di tambahkan.
- Buat sebuah artikel penunjang, atau artikel pembantu, yang menyertakan link artikel yang terkena google sandbox tersebut. Dan bila perlu sertakan juga link atau beberapa alamat blog atau web yang ber PR tinggi.
- Hentikan sementara waktu untuk optimasi artikel yang terkena. Bila perlu buat artikel kenapa anda terkena google sandbox tersebut, dan sertakan alamat artikel yang terkena google sandbox tersebut.
- Tetap Rajin Posting, Minimal 3-5 postingan
- Lakukan Submit feed di webmaster
- Banyaklah berdo’a.
Setelah itu tunggu 2 hingga 3 hari. Mudah-mudahan kalian telah terlepas dari penjara google sandbox ini.
Namun masih tahap pembebasan bersyarat, jika kalian langsung melakukan boom optimasi lagi.., maka tidak ada ampun, langsung masuk penjara lagi.

Demikian artikel ini saya mengenai Pengertian Google Sandbox buat sebagai pembelajaran bagi blogger semua, semoga bermanfaat.

Referensi : http://www.bisnisonlinedaninternet.com/2012/03/google-sandbox-penyebab-dan-cara-mengatasinya/html
Share Please :

Posted by : Keiruchan Agatha ~ / Portal Media Informasi Pilihan

Markup Validation Service
Anda telah membaca artikel Apakah itu Google Sanbox...? Ditulis oleh Keiruchan Agatha pada Kamis, 15 November 2012. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link yang ada di bawah sebagai sumbernya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Salam blogger and Happy blogging.

Baca Yang Ini Juga Boz :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan tidak meninggalkan link. Jika ada kesalahan dalam artikel ini dan jika ada saran dan kritik silahkan tulis komentar anda dibawah dengan baik dan sopan... ;)
Dan jika kedapatan link yang mati dalam penempatan software atau game harap beritahukan agar segera diperbaiki...

 
Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service