Pengertian dan Cara Mengecek MD5SUM

Diposting oleh Keiruchan Agatha on Selasa, 11 Desember 2012

republicofnote.blogspot.com

Pengertian dan Cara Mengecek MD5SUM - Sobat blogger pasti sering mendownload file ISO tapi disini yang dimaksud dan yang dibahas adalah file ISO Linux, nah bagi yang linuxer pasti tau. File ISO adalah format  standar di setiap pembakaran disc. File format ISO berguna untuk membuat backup dan berbagi file berukuran besar dengan orang lain. Sehingga format ini kerap dipakai oleh developer  distro-distro Linux untuk berbagi distro hasil rakitan nya. Mereka menaruh file ISO di server agar bisa di download banyak pengguna.

Muncul pertanyaan ???, terkadang jaringan internet putus nyambung yang berakibat sambungan download tidak optimal sehingga file ISO korup. Pernah saya dulu mendownload sebuah ISO distro LInux . Lumayan besar seukuran 1.6 GB. Setelah itu burn di DVD, kemudian coba di boot di komputer ehhh ternyata failed to boot , ternyata file ISO saya korup Markup Validation Service

Nah agar tidak kecewa , sebelum mermburning ISO ke dalam CD atau DVD cek lah MD5 nya terlebih dulu …

MD5 (Message Digest Algoritma 5)  ialah fungsi hash kriptografik yang digunakan secara luas dengan hash value 128-bit. MD5 telah dimanfaatkan secara bermacam-macam pada aplikasi keamanan, dan MD5 juga umum digunakan untuk melakukan pengujian integritas sebuah berkas.
Untuk mengecek validasi ISO download dengan ISO asli yang ada diserver, dapat menggunakan terminal tapi disni saya membahas bagaimana cara validasi dari operating sistem windows bukan linux.
Nah disini kita akan menggunakan sebuah software yang simple, dan freeware
kalian bisa downloadnya disini
langsung ajah kalian klik tombolnya diatas untuk memulai proses download
Nah contoh pada kasus ini saya sebelumnya telah mendownload Linux Ubuntu 10.04.4, screesnshotnya dari software ada dibawah ini
republicofnote.blogspot.com

Penggunaannya cukup mudah kalian pastekan serial MD5 nya yang ada pada web tersebut, ini tersedia apabila kalian download salah 1 linux, jika sudah dapat pastekan saja, lalu klik "browse" cari file ISO yang telah kalian download tadi, maka akan langsung otomatis cek verifikasi, tunggulah sesaat. Jika sukses maka seperti pada gambar saya yang diatas.
Selesai

Demikian penjelasan sedikit mengenai Pengertian dan Cara Mengecek MD5SUM, semoga bermanfaat.

Password : | Status : Tested
Share Please :

Posted by : Keiruchan Agatha ~ / Portal Media Informasi Pilihan

Markup Validation Service
Anda telah membaca artikel Pengertian dan Cara Mengecek MD5SUM Ditulis oleh Keiruchan Agatha pada Selasa, 11 Desember 2012. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link yang ada di bawah sebagai sumbernya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Salam blogger and Happy blogging.

Baca Yang Ini Juga Boz :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan tidak meninggalkan link. Jika ada kesalahan dalam artikel ini dan jika ada saran dan kritik silahkan tulis komentar anda dibawah dengan baik dan sopan... ;)
Dan jika kedapatan link yang mati dalam penempatan software atau game harap beritahukan agar segera diperbaiki...

 
Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service