Larangan Blogger Mengikuti Kontes SEO Oleh Google

Diposkan oleh Keiruchan Agatha on Rabu, 05 Desember 2012

republicofnote.blogspot.com

Yang sebelumnya saya telah share tentang bahaya kontes SEO, kali ini saya akan membahas/sharing ada apa dengan Kontes SEO? yang selenggarakan di Indonesia? Ditengah maraknya kontes SEO yang digelar di Indonesia yang banyak melibatkan blogger yang ingin mengasah kemampuan SEO mereka untuk mendapatkan SERP di mesin pencari ternyata keberadaan Kontes SEO di Indonesia tidak disambut baik oleh Google,  dibalik kontes SEO seperti yang dirilis oleh karyawan Google, Kaspar Szymanski yang bertugas pada Google Search Quality berdomisili di Dublin,  yang mana didalam akun Google Plusnya http://goo.gl/omUH3. menjelaskan untuk blogger dan webmaster untuk menghindari kontes SEO. Silahkan teman-teman blogger baca!Jujur saya juga baru tau mengenai hal ini. Makanya saya share ke temen-temen semua.

Bagai buah simalakama bagi Blogger Indonesia, disatu sisi blogger hanya ingin mengoptimalkan blog mereka dengan kata kunci yang mereka ikuti melalui kontes SEO yang diselenggarakan oleh pihak penyelenggara dengan iming-iming hadiah bagi top #1 SERP di Google atau mesin pencari lainnya, dan menjadi ajang buat blogger dan webmaster untuk mengasah dan mempraktekkan ilmu SEO Blogging yang mereka pelajari baik secara otodidak atau sistem mentoring dari master SEO dan hadiah tentunya, dan disisi lain Google menganggap kontes SEO ini menyalahi aturan karena tidak sesuai dengan guidelines mereka.
republicofnote.blogspot.com

Selain itu pihak penyelenggara Kontes SEO juga belum mengetahui sepenuhnya tentang pelanggaran terhadap peraturan Webmaster Google, jadi blogger yang kena imbas dari kontes SEO ini. Ok lah kalau blogger baru membuat website/blog kemudian berpartisispasi dalam kontes SEO karena rule dari penyelenggara kontes SEO membolehkan blog yang baru dibuat bisa ikut kontes, asal tidak menggunakan keyword kontes sebagai domain, kalaupun mereka kena penalti dari Google Algoritma karena dianggap spammy atau over-optimasi mereka pasrah toh mereka hanya mengejar duit semata melalui kontes SEO, kalau bagi blogger yang lain seperti saya atau teman-teman blogger yang lain yang mereka dari awal adanya Blogger/blogspot gratisan dari Google sudah menuangkan ide, kreatifitas, innovasi, sharing pengalaman, melalui media blog dan menghabiskan waktu bertahun-tahun berbagi melalui media blog, mewarnai dunia blogosphere dan kemudian dalam hitungan sedikit waktu reputasi blog atau website mereka hancur karena mengikuti kontes SEO dengan keyword yang riil, mungkin tujuan sebagian besar dari blogger hanyalah mengasah kemampuan SEOnya dengan berlomba dengan peserta yang lain dan kemudian dianggap menyalahi peraturan webmaster Google. Dalam hal ini siapa yang salah?? perlu diskusi panjang untuk membahas duduk perkara antara Raja mesin pencari, Penyelenggara SEO dan Blogger/webmaster.

Kontes SEO Seperti Apa yang dilarang oleh Google?
Setelah membahas buah simalakama, lalu kontes SEO yang bagaimana yang dilarang oleh Google yang menyalahi peraturan webmaster Google? Kontes SEO yang dilarang mengikutinya adalah kontes SEO yang menggunakan kata kunci riil, yaitu kata kunci yang kata kunci yang dipakai pengguna umum dalam kehidupan nyata seperti “Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik” Kata kunci ini yang harus digarisbawahi oleh penyelenggara kontes dan blogger. "Kata kunci sepeti ini terbukti melanggar Google Webmaster Guidelines (Peraturan Webmaster Google)" kata Kaspar.

Kontes SEO Seperti Apa yang diizinkan Google?
Lebih lanjut Kaspar menjelaskan melalui diskusi dengan blogger/webmaster Indonesia, mengenai kontes SEO yang sedang diamati oleh Google Quality Search, tidak semua kontes SEO melanggar peraturan Google Webmaster, "jika anda berkompetisi menggunakan SEO White Hat untuk kata kunci non-riil yang tidak akan digunakan oleh pengguna normal dalam pencarian" tambah Kaspar.

Lalu bagaimana dengan yang sudah terlanjur ikuti kontes SEO? Kasper menjawab "Seharusnya tidak ada masalah jika Anda nofollow semua outlink yang ada di dalam post kontes SEO anda"

Dengan adanya sharing ini, mudah-mudahan dapat/sedikit memberikan edukasi kepada kita selaku blogger yang ingin berpartisipasi dalam sebuah kontes SEO, sedikit bijak dalam memilih kontes SEO mungkin lebih baik dari pada kita menjadi korban dari penyelenggara kontes SEO yang berakibat fatal pada reputasi blog kita di mata search engine. Gunakan White Hat SEO, atau SEO Sederhana yang masuk Akal. Buat Penyelenggara kontes, libatkan blogger untuk membantu anda sesuai dengan peraturan webmaster Google, dan buat Google, maafkan blogger yang sudah terlanjur tersesat dalam dunia gelap SEO dengan kontes SEO yang kurang berpedoman dengan kompas anda. Blogger hanya menerapkan ilmu SEO, dan mengharap hadiah di ujung acara kontes untuk membuat dapur ngebul dan itupun melalui anda sebagai wasit:-) Semoga tulisan ini bermanfaat untuk pencerahan kita semua untuk lebih baik kedepan, silahkan beri tanggapan atau pendapat anda mengenai larangan Google untuk menghindari kontes SEO!

Share Please :

Posted by : Keiruchan Agatha ~ / Portal Media Informasi Pilihan

Markup Validation Service
Anda telah membaca artikel Larangan Blogger Mengikuti Kontes SEO Oleh Google Ditulis oleh Keiruchan Agatha pada Rabu, 05 Desember 2012. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link yang ada di bawah sebagai sumbernya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Salam blogger and Happy blogging.

Baca Yang Ini Juga Boz :

{ 4 komentar... read them below or add one }

Yousake NKRI mengatakan...

keren

romi boz mengatakan...

wah nice info gan,,makin nambah ilmu+pengetahuan ane nih...

thedragao.blogspot.com

Hosting Murah mengatakan...

LOMBA seo dan review rajawebhost.com berhadiah total Rp 3,75 JUTA dlm rangka menyambut Tahun Baru 2013 telah dimulai. Kontes ini bebas diikuti siapapun juga, dimanapun Anda, dan apapun profesi Anda. Mau Anda pelajar, mahasiswa, karyawan, pns, pejabat, menteri, presiden, dll semuaNya AYO ikut !
Daftarkan dirimu di http://kontes.rajawebhost.com

diam + diam = “0″ tapi lomba + lomba = “hadiah”, pilih mana?

IKUT LOMBA atau DIAM RUGI BESAR,... PUTUSKAN SEKARANG !!!

Pendaftaran mulai 20 Des 2012 s/d lihat di website
Kunjungi http://kontes.rajawebhost.com

epulsa-elektrik mengatakan...

keren gan nambah ilmu nih..
Oh ya gini Gan saya ada tips cara dapat 1 juta lebih baclink, kalo agan berminat bisa agan lihat di

Tips mendapat 1juta Baclink Gratis untuk Blogger

trims, ditunggu kunjungannya.

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan tidak meninggalkan link. Jika ada kesalahan dalam artikel ini dan jika ada saran dan kritik silahkan tulis komentar anda dibawah dengan baik dan sopan... ;)
Dan jika kedapatan link yang mati dalam penempatan software atau game harap beritahukan agar segera diperbaiki...

 
Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service