Cara Mengecek MD5SUM ISO Hasil Download di Linux

Diposkan oleh Keiruchan Agatha on Minggu, 30 Desember 2012

republicofnote.blogspot.com

Cara Mengecek MD5SUM ISO Hasil Download di Linux - Postingan saya ini lanjutan dari yang sebelumnya cara mengecek md5sum dari windows. Kalian pasti sering mendownload file ISO apakah itu Linux ataupun Windows, tapi dengan adanya sistem pengecekan file corrupt cuma ada di Linux. File ISO adalah format  standar di setiap pembakaran disc. File format ISO berguna untuk membuat backup dan berbagi file berukuran besar dengan orang lain. Sehingga format ini kerap dipakai oleh developer  distro distro Linux untuk berbagi distro hasil rakitan nya. Mereka menaruh file ISO di server agar bisa di download banyak pengguna.

Muncul pertanyaan???, terkadang jaringan internet putus nyambung yang berakibat sambungan download tidak optimal sehingga file ISO korup. Pernah saya dulu mendownload sebuah ISO distro Linux . Lumayan besar seukuran 3.9 GB. Setelah itu saya burn di DVD, kemudian coba saya boot di komputer ehhh ternyata failed to boot atau error saat instalasi, ternyata file ISO saya corrupt.

Nah agar tidak kecewa , sebelum mermburning ISO ke dalam CD atau DVD cek lah MD5 nya terlebih dulu …

MD5 (Message Digest Algoritma 5)  ialah fungsi hash kriptografik  yang digunakan secara luas dengan hash value 128-bit. MD5 telah dimanfaatkan secara bermacam-macam pada aplikasi keamanan, dan MD5 juga umum digunakan untuk melakukan pengujian integritas sebuah berkas.
Untuk mengecek validitas ISO download dengan ISO asli yang ada diserver, dapat menggunakan terminal &  baris perintah
md5sum
Contoh tadi saya download ISO bb03-x86-final.iso Blackbuntu di situs resminya langsung
Disitu untuk versi yang 0.3 Final apabila kita mendowload file iso sudah 1 paket alias seperti folder terdownload dengan file md5-nya.

Kedua file ini, file bb03-x86-final.iso dan bb03-x86-final.iso.md5 berada dalam folder yang sama yaitu di folder bb03-x86-final. yang letaknya ada dalam folder Documents
posisi ini tergantung pada kalian yang letak filenya berada dimana...
republicofnote.blogspot.com

Oke setelah itu ayo praktek cek md5sum …..

1. Pertama kita bisa mencoba menvalidasi  md5 , secara manual , dengan mengetikan baris perintah
md5sum bb03-x86-final.iso
Tunggu sebentar muncullah angka md5 nya, angka angka ini sama seperti angka yang ditampilkan dalam md5 di web tadi …

64701b08cfd2dda92739c6ef15165dfc  bb03-x86-final.iso

republicofnote.blogspot.com
md5sum.iso

2. Sekarang langsung cek md5 nya ISO dengan file md5, kedua file harus dalam folder yang sama  dengan proses pembandingan ( Compare ) ketikkan perintah
md5sum -c bb03-x86-final.iso.md5
dan tunggu sebentar muncullah pernyataan

bb03-x86-final.iso: OK

republicofnote.blogspot.com
Ok Iso nya

Berarti file ISO nya OK sama persis dengan file ISO asli di server nya, OK tinggal memburn nya ke CD …

Share Please :

Posted by : Keiruchan Agatha ~ / Portal Media Informasi Pilihan

Markup Validation Service
Anda telah membaca artikel Cara Mengecek MD5SUM ISO Hasil Download di Linux Ditulis oleh Keiruchan Agatha pada Minggu, 30 Desember 2012. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link yang ada di bawah sebagai sumbernya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Salam blogger and Happy blogging.

Baca Yang Ini Juga Boz :

{ 2 komentar... read them below or add one }

Tips SEO Blogging mengatakan...

makasih atas info yang bermanfaat ini..

Keiruchan Agatha mengatakan...

thnx bro.. :D

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan tidak meninggalkan link. Jika ada kesalahan dalam artikel ini dan jika ada saran dan kritik silahkan tulis komentar anda dibawah dengan baik dan sopan... ;)
Dan jika kedapatan link yang mati dalam penempatan software atau game harap beritahukan agar segera diperbaiki...

 
Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service