Tips Mengatasi Grub Rescue Pada Ubuntu / WIndows

Diposting oleh Keiruchan Agatha on Sabtu, 05 Mei 2012

Markup Validation Service

Bagi teman-teman yang menginstall dual OS (Windows and Ubuntu), pernah gak mengalami pesan error seperti disamping saat laptop/komputer baru boooting?

error no such partition,
grub rescue>

Pesan error ini baru aja saya alami, awalnya saya menggunakan 4 sistem operasi di dalam satu laptop, semuanya sistem operasi tersebut saya install karena penasaran bagaimana kinerja dari masing-masing OS tersebut. OS tersebut masing-masing adalah: Windows 7 32bit, Ubuntu 10.04, Ubuntu 10.10, dan Ubuntu 11.10. Karena menurut saya Ubuntu 10.04 jauh lebih baik dari dari versi Ubuntu yang lainnya (ringan dan mudah digunakan), akhirnya saya memformat semua partisi ubuntu yang tidak digunakan dan menyisakan partisi: Windows 7 serta Ubuntu 10.04. Sebagai tambahan, saya menggunakan software EASUS Partition Master untuk memformat partisi yang tak digunakan.

Dengan penuh percaya diri saya pun merestart laptop, belum sampai boot muncullah pesan error tersebut. Setelah saya buka internet ternyata pesan tersebut muncul karena kehilangan boot loadernya sehingga komputer tidak mengenali sistem operasinya. 

Akhirnya solusi yang saya lakukan:

1. Buat Ubuntu live USB
2. Booting menggunakan Ubuntu live tersebut
3. Buka terminal (ctrl+alt+t)
4. Lihat daftar device partisi tempat Ubuntu berada dengan mengetik perintah: sudo fdisk -l
5. lihat list yang muncul dan tentukan dimana Ubuntu anda.
6. selanjutnya ketik perintah berikut secara berurutan:

sudo mkdir /media/sda5
sudo mount /dev/sda5 /media/sda5
sudo grub-install --root-directory=/media/sda5 /dev/sda
  
Jika tidak ada error maka restart lah komputer anda. Maka semuanya akan kembali seperti semula....
:)tapi, jika masih saya muncul pesan error tersebut, sebaiknya anda membawa ketukang servis terdekat. haha....:D
Share Please :

Posted by : Keiruchan Agatha ~ / Portal Media Informasi Pilihan

Markup Validation Service
Anda telah membaca artikel Tips Mengatasi Grub Rescue Pada Ubuntu / WIndows Ditulis oleh Keiruchan Agatha pada Sabtu, 05 Mei 2012. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link yang ada di bawah sebagai sumbernya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Salam blogger and Happy blogging.

Baca Yang Ini Juga Boz :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan tidak meninggalkan link. Jika ada kesalahan dalam artikel ini dan jika ada saran dan kritik silahkan tulis komentar anda dibawah dengan baik dan sopan... ;)
Dan jika kedapatan link yang mati dalam penempatan software atau game harap beritahukan agar segera diperbaiki...

 
Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service