Teleskop Hawaii Temukan Galaksi Tertua

Diposting oleh Keiruchan Agatha on Rabu, 13 Juni 2012

Markup Validation Service

Hawaii Observatory (Foto: Guardian)

TOKYOAstronom asal Jepang di Hawaii mengklaim telah menemukan galaksi yang terbentuk sekira 12,91 miliar tahun cahaya yang lalu. Tim astronom itu menemukan galaksi tertua dengan menggunakan teleskop observatory di Hawaii.

Dilansir Guardian, Selasa (12/6/2012), para ilmuwan dari National Astronomical Observatory of Japan menggunakan teleskop Subaru dan Keck di Mauna Kea. Diungkapkan bahwa satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun, sekira 6 tiriliun mil (9,66 triliun kilometer).

Richard Ellis dari California Institute of Technology mengatakan bahwa temuan terbaru ini lebih meyakinkan ketimbang beberapa klaim yang terungkap terkait terciptanya galaksi awal. Seorang ahli dalam bidang kosmologi dan formasi galaksi itu mengungkapkan bahwa metode yang digunakan untuk menemukan galaksi tertua ini akan dapat diterima dan disetujui.

Akan tetapi, temuan yang dipublikasikan dalam Astrophysical Journal ini dikatakan tidak banyak perubahan dari temuan serupa oleh tim yang sama tahun lalu. “Ini adalah (temuan) yang paling jauh bahwa setiap orang percaya,” terang Richard.

Sementara itu, pada 2010, tim asal Perancis menggunakan teleskop luar angkasa milik NASA, Hubble, yang mengklaim telah menemukan galaksi yang terbentuk sejak 13,1 miliar tahun cahaya yang lalu. Selain itu pada 2011, tim peneliti asal California menggunakan Hubble dan menyatakan telah melihat galaksi dari 13,2 miliar tahun cahaya yang lalu.

Kedua tim yang menggunakan teleskop Hubble itu menerbitkan temuannya pada jurnal Nature. Teori yang ada saat ini mengungkapkan bahwa alam semesta lahir dari sebuah ledakan yang disebut Big Bang. Perisitiwa itu terjadi sekira 13,7 miliar tahun lalu. (fmh)

Semoga bermanfaat...Markup Validation Service
Share Please :

Posted by : Keiruchan Agatha ~ / Portal Media Informasi Pilihan

Markup Validation Service
Anda telah membaca artikel Teleskop Hawaii Temukan Galaksi Tertua Ditulis oleh Keiruchan Agatha pada Rabu, 13 Juni 2012. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link yang ada di bawah sebagai sumbernya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Salam blogger and Happy blogging.

Baca Yang Ini Juga Boz :

{ 1 komentar... read them below or add one }

Edday Gokil mengatakan...

Wkwkwkw...
Web Ente Keren Banget Gan...
Ane Naksir Dah...
Jangan Lupa Kunjungin Web Ane Iaaa...
http://eddaygokil.blogspot.com/

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan tidak meninggalkan link. Jika ada kesalahan dalam artikel ini dan jika ada saran dan kritik silahkan tulis komentar anda dibawah dengan baik dan sopan... ;)
Dan jika kedapatan link yang mati dalam penempatan software atau game harap beritahukan agar segera diperbaiki...

 
Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service