Manfaat Buah Anggur

Diposting oleh Keiruchan Agatha on Selasa, 12 Juni 2012

Markup Validation Service
Yang sebelumnya saya menuliskan manfaat buah apel kali ini saya menulis manfaat buah anggur...
Anda tau anggur..??mungkin kata ini sudah tidak asing lagi di telinga pecinta buah indonesia,Tanaman anggur diduga berasal dari sekitar Laut Hitam dan Laut Kaspi, kemudian menyebar ke Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Eropa, selanjutnya ke Asia termasuk Indonesia.

Secara umum, buah ini merupakan tanaman yang merambat. Ketinggian tempat yang baik adalah tidak lebih dari 300 meter di atas permukaan laut.

Di Indonesia, tanaman ini telah dibudidayakan secara luas di Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi, Palu, Malang, Pasuruan, Panarukan, Buleleng, dan Kupang.

Menurut Food and Agriculture Organization (FAO), 71 persen dari total produksi anggur dunia digunakan untuk pembuatan wine, 27 persen sebagai buah segar, dan 2 persen sebagai buah kering.

Anggur sangat kaya antioksidan dan antimikroba. Kandungan zat gizinya tergolong excellent dan mampu menangkal berbagai penyakit. Manfaat lain, buah ini dapat meningkatkan gairah seks dan melelapkan tidur.

Buah anggur termasuk dalam famili Vitaceae dan genus Vitis. Bentuk buah ini hampir bulat dengan kulit buahnya berwarna merah kehitaman, hijau, kuning keemasan, atau ungu dan dilapisi tepung.

Beberapa kandungan di dalam buah anggur adalah sebagai berikut :

Energi (kkal) 69
Protein (g) 0,72
Lemak total (g) 0,16
Karbohidrat (g) 18,1
Serat total (g) 0,9
Gula total (g) 15,48
Kalsium (mg) 10
Besi (mg) 0,36
Magnesium (mg) 7
Fosfor (mg) 20
Kalium (mg) 191
Natrium (mg) 2
Seng (mg) 0,07
Tembaga (mg) 0,13
Mangan (mg) 0,07
Selenium (mg) 0,1
Vitamin C (mg) 10,8
Thiamin (mg) 0,07
Riboflavin (mg) 0,07
Niacin (mg) 0,19
Vitamin B6 (mg) 0,09
Folate total (mkg) 2
Vitamin A (mg) 66
Vitamin E (mg) 0,19
Vitamin K (mkg) 14,6.

Beberapa manfaat buah anggur :
1. Asma
Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.
2. Antibakteri
Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.
3. Alzheimer
Penelitian menunjukan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari dari penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan anggur mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.
4. Kanker payudara
Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara.
5. Sembelit
Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.
6. Kelelahan
Jus anggur mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya akan zat besi dapat mengurangi kelelahan diimbangi dengan istirahat yang cukup.
7. Penyakit jantung
Manfaat Buah Anggur berguna untuk Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.
8. Pencernaan
Bila Anda menderita gangguan pencernaan, ada baiknya Anda mengonsumsi anggur. Anggur juga baik untuk mengatasi masalah perut lainnya.
9. Migrain
Minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah.

Setelah membaca beberapa manfaat buah anggur di atas, jadi ngiler saya ingin mencicipi rasanya buah anggur, dan dari postingan ini di tunggu postingan berikutnya tentang budidaya buah anggur.
salam sehat selalu by zer0-concept.blogspot.com Markup Validation Service
Share Please :

Posted by : Keiruchan Agatha ~ / Portal Media Informasi Pilihan

Markup Validation Service
Anda telah membaca artikel Manfaat Buah Anggur Ditulis oleh Keiruchan Agatha pada Selasa, 12 Juni 2012. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link yang ada di bawah sebagai sumbernya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Salam blogger and Happy blogging.

Baca Yang Ini Juga Boz :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan tidak meninggalkan link. Jika ada kesalahan dalam artikel ini dan jika ada saran dan kritik silahkan tulis komentar anda dibawah dengan baik dan sopan... ;)
Dan jika kedapatan link yang mati dalam penempatan software atau game harap beritahukan agar segera diperbaiki...

 
Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service