Tutorial Root Android

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 12 Mei 2012


Teman teman user Android. dalam postingan kali ini, saya akan ngeposting tutorial untuk Root Android anda, sebelumnya udah tau kan apa itu Root.? Root itu bisa dikatakan mengambil Akses penuh pada 


Handphone Android anda. Sama Halnya jika di windows adalah fungsi administrator, jadi anda bisa mengakses Android anda sepuasnya.
Root handphone Android pada dasarnya cukup aman untuk dilakukan selagi dilakukan dengan benar,tapi saran kami sebelum melakukan Root maka pastikan terlebih dahulu ponsel anda dalam kondisi prima. namun proses ini dikatakan dapat menghanguskan garansi dan karena satu atau lain hal,tapi bisa diatasi dengan proses Unroot. Berikut kami akan menjelaskan cara rooting Android menggunakan aplikasi SuperOneClick, Universal Androot dan z4root.
Info : Proses root tidak akan menghapus data-data pada telepon, namun kami sarankan untuk memback up data-data yang penting terlebih dahulu (Jaga-jaga)
1. Root Android Menggunakan SuperOneClick
Persiapan:
1.1.Unduh (download) terlebih dahulu driver untuk handphone Anda. Bila pada paket pembelian disertakan CD, biasanya driver terdapat pada CD tersebut. Untuk handphone Samsung, driver HP terdapat pada software Kies.
1.2.Unduh aplikasi SuperOneClick
1.3.Bila Komputer Anda menggunakan sistem operasi Windows XP, maka pada komputer Anda harus sudah terinstall Microsoft .NET Framework v2.0+ terlebih dahulu. Dan jika anda menggunakan Windows Vista atau Windows 7, maka hal ini tidak perlu dilakukan (sudah terinstall).
1.4.Sebaiknya baterai handphone dalam kondisi terisi 70% keatas (untuk jaga-jaga)
1.5.Copot/lepaskan SD card atau memory card terlebih dahulu.
Langkah-langkah root handphone Android:
Anda harus mengatur ponsel Android ke mode Debugging dengan cara masuk ke Settings (Pengaturan) > Applications (Aplikasi) > Development (Pengembangan) > centang USB debugging (Men-debug USB)
  • Hubungkan handphone Android Anda ke computer menggunakan kabel USB. Tunggu hingga handphone Anda terdeteksi di komputer dan pada bagiannotification panel ponsel muncul indikator USB debugging mode aktif (ditandai dengan gambar tanda seru di dalam segitiga)
    - Ekstrak file SuperOneClick.zip menggunakan WinZip, WinRAR, 7-Zip, atau IZArc.
    - Jalankan aplikasi SuperOneClick.exe. Bila Anda adalah pengguna Windows 7 atau Vista, jalankan program dengan cara klik kanan mouse, lalu pilih “Run as administrator”

- Klik Root
- Tunggu hingga proses selesai, biasanya hanya beberapa menit dan bahkan detik.
- Jika muncul notifikasi “Root files have been installed! Would you run a test?” Silahkan di klik Yes
- Proses telah selesai Silahkan restart HP Android Anda.
- Untuk mengembalikan ke kondisi awal, Anda cukup mengklik Unroot. Jika ini dilakukan + factory reset, otomatis garansi HP Anda berlaku kembali
Indikasi bahwa proses Rooting sudah berhasil adalah Anda akan menemukan aplikasi baru di HH anda
yang bernama Superuser. Seperti gambar dibawah ini :

Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi Superuser, coba restart HP terlebih dahulu. Aplikasi ini berguna untuk mengontrol aplikasi yang membutuhkan akses root.
Dengan aplikasi ini anda dapat “mengijinkan” atau “tidak mengijinkan” aplikasi lainnya untuk mendapat hak masuk ke sistem Android. Setiap ada aplikasi yang meminta akses root akan di informasikan oleh Superuser, untuk mengijinkan Anda harus mengklik “Allow”.
2. Root Android Menggunakan Universal Androot
1. Install aplikasinya
2. Tunggu proses instalasi selesai
3. Masuk ke aplikasi Universal Androot
4. Klik root
5. Selesai
6. Jika ingin Unroot tinggal klik Unroot.
3. Rooting Android Menggunakan z4root
Caranya hampir sama dengan Universal Androot.Namun, Anda harus mengaktifkan mode debugging dahulu. z4root dapat melakukan root secara permanen maupun hanya temporary (sementara).Untuk mode temporary, HP akan kembali ke kondisi semula (Unroot) jika Anda merestart ponsel.
Menurut pembuat aplikasi z4root, untuk mode temporary, aplikasi ini kompatibel hampir dengan semua merk handphone Android. Menggunakan aplikasi z4root atau universal Androot memang relatif lebih mudah, hanya saja kompatibilitas kedua aplikasi ini tidak sebanyak SuperOneClick.

Itulah Beberapa Cara Untuk Root Android kalian, semoga Bermanfaat..
Share Please :

Posted by : Keiruchan Agatha ~ / Portal Media Informasi Pilihan

Markup Validation Service
Anda telah membaca artikel Tutorial Root Android Ditulis oleh Keiruchan Agatha pada Sabtu, 12 Mei 2012. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link yang ada di bawah sebagai sumbernya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Salam blogger and Happy blogging.

Baca Yang Ini Juga Boz :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan tidak meninggalkan link. Jika ada kesalahan dalam artikel ini dan jika ada saran dan kritik silahkan tulis komentar anda dibawah dengan baik dan sopan... ;)
Dan jika kedapatan link yang mati dalam penempatan software atau game harap beritahukan agar segera diperbaiki...

 
Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service