Mengembalikan Konfigurasi Driver OpenSource ATI Radeon

Diposting oleh Keiruchan Agatha on Rabu, 16 Mei 2012

ati-radeon-logo.jpg
Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa sampai tulisan ini saya buat, driver AMD Catalyst atau yang sering disebut dengan FGLRX untuk linux tidak kompatibel dengan Xorg terbaru di Slackware-current. Slackware-current pada tanggal 5 Mei 2012 telah memperbarui Xorg ke versi 1.12.1. Pengembang AMD berharap dukungan ke Xorg 1.12.x dan kernel 3.2.x (dan seterusnya) akan ada di versi AMD Catalyst versi 12.5. Sebelumnya dukungan tersebut diprediksi akan muncul di versi 12.4,t etapi ternyata meleset dan versi 12.4 hanya berisi perbaikan pada beberapa kesalahan kode driver. Sepertinya bakal lebih lama daripada perkiraan banyak pihak. Jadi pengguna AMD di linux, bersabarlah .angel

Konfigurasi FGLRX
Jika anda sudah pernah menginstal driver AMD Catalyst di Slackware, maka pastilah akan ada beberapa berkas pustaka Xorg dan Mesa yang di-backup oleh installer driver tersebut. Driver AMD Catalyst juga mengharuskan anda untuk menonaktifkan pemuatan driver kernel radeon dan modeset radeon. Driver FGLRX tidak dapat mengunci VGA Radeon jika fitur modeset radeon untuk kernel aktif sehingga dapat menyebabkan kinerja driver tidak optimal. Berikut ini adalah cara saya untuk menonaktifkan driver kernel radeon dan modeset radeon:

# echo "blacklist radeon" > /etc/modprobe.d/radeon.conf

Untuk memastikan modeset radeon tidak diaktifkan oleh kernel, saya menambahkan baris berikut ke lilo.conf:

image = /boot/vmlinuz-generic-smp-3.2.7-smp
initrd = /boot/initrd-3.2.7-smp
root = /dev/sda2
label = SLACKWARE
append = " radeon.modeset=0 nomodeset resume=/dev/sda5"
read-only # Partitions should be mounted read-only for checking

Kemudian perintah aticonfig --initial saya jalankan untuk menyusun konfigurasi Xorg (file: /etc/X11/xorg.conf) spesifik untuk FGLRX:

# aticonfig --initial

Mengembalikan Konfigurasi Radeon OpenSource
Nah bagaimana mengembalikan konfigurasi driver radeon OpenSource? Sebelumnya pastikan kita masuk ke init 3 (mode teks) dan melepaskan driver fglrx dari kernel:

# rmmod fglrx
# removepkg fglrx

Seperti yang saya tulis di atas, installer FGLRX akan mem-backup beberapa pustaka Xorg dan Mesa. Yang harus kita lakukan adalah mengembalikan pustaka yang di-backup ke format aslinya. Ada dua cara, yang pertama adalah menginstal ulang xorg-server dan mesa:

# slackpkg remove xorg-server mesa
# slackpkg install xorg-server mesa

Saya menggunakan cara remove dan install hanya untuk memastikan bahwa berkas-berkas fglrx yang terkait dengan dua paket tersebut terhapus dengan bersih. Cara kedua adalah mengembalikan file backup ke aslinya secara manual dengan asumsi file backup masih ada dan versi file backup sama dengan versi paket yang kita gunakan:

# cd /usr/lib
# rm libGL.so.*
# mv FGL.renamed.libGL.so.1.2 libGL.so.1.2
# ln -s libGL.so.1.2 libGL.so.1
# ln -s libGL.so.1.2 libGL.so
# cd /usr/lib/xorg/modules/extensions
# rm libglx.so
# mv FGL.renamed.libglx.so libglx.so

Kemudian kita hapus blacklist radeon:

# sed '/blacklist/d' /etc/modprobe.d/radeon.conf

Lalu mengaktifkan kembali modeset untuk radeon:

image = /boot/vmlinuz-generic-smp-3.2.7-smp
initrd = /boot/initrd-3.2.7-smp
root = /dev/sda2
label = SLACKWARE
append = " resume=/dev/sda5"
read-only # Partitions should be mounted read-only for checking

Bagaimana? Mudah bukan?tepuktangan

source : planet slackware

Share Please :

Posted by : Keiruchan Agatha ~ / Portal Media Informasi Pilihan

Markup Validation Service
Anda telah membaca artikel Mengembalikan Konfigurasi Driver OpenSource ATI Radeon Ditulis oleh Keiruchan Agatha pada Rabu, 16 Mei 2012. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link yang ada di bawah sebagai sumbernya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Salam blogger and Happy blogging.

Baca Yang Ini Juga Boz :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan tidak meninggalkan link. Jika ada kesalahan dalam artikel ini dan jika ada saran dan kritik silahkan tulis komentar anda dibawah dengan baik dan sopan... ;)
Dan jika kedapatan link yang mati dalam penempatan software atau game harap beritahukan agar segera diperbaiki...

 
Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service