Tips Linux : Cara Konversi RPM ke DEB

Diposting oleh Keiruchan Agatha on Kamis, 26 April 2012

images

Artikel berikut mengulas bagaimana cara melakukan konversi terhadap file .rpm menjadi .deb, sehingga akan dapat digunakan di lingkungan Linux Debian dan turunannya. Terkadang kita ingin melakukan instalasi terhadap sebuah software, tetapi tidak tersedianya paket .deb, dan yang tersedia hanyalah paket .rpm.

Anda tidak perlu kawatir, karena Anda bisa mengubah file .rpm yang tersedia menjadi file .deb yang bisa Anda gunakan untuk instalasi. Berikut langkah-langkahnya:

1. Lakukan instalasi paket Alien (software untuk konversi .rpm menjadi .deb)
$ sudo apt-get install alien -y

2. Cara konversi paket .rpm menjadi paket .deb
$ sudo alien -k <.rpm file will be converted>

3. Lakukan instalasi paket .deb
$ sudo dpkg -i <.deb file generated>
Mudah bukan? Selamat mencoba, semoga berhasil.
Share Please :

Posted by : Keiruchan Agatha ~ / Portal Media Informasi Pilihan

Markup Validation Service
Anda telah membaca artikel Tips Linux : Cara Konversi RPM ke DEB Ditulis oleh Keiruchan Agatha pada Kamis, 26 April 2012. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link yang ada di bawah sebagai sumbernya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Salam blogger and Happy blogging.

Baca Yang Ini Juga Boz :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan tidak meninggalkan link. Jika ada kesalahan dalam artikel ini dan jika ada saran dan kritik silahkan tulis komentar anda dibawah dengan baik dan sopan... ;)
Dan jika kedapatan link yang mati dalam penempatan software atau game harap beritahukan agar segera diperbaiki...

 
Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service