Instalasi Xchat

Diposting oleh Unknown on Kamis, 26 April 2012

XChat adalah software yang dapat kita gunakan untuk chat IRC dan dapat berjalan di atas sistem operasi Linux maupun Windows. Apabila menggunakan distro Linux Debian atau Ubuntu atau turunannya, kita dapat langsung menginstallnya menggunakan command:
$ sudo apt-get install xchat
Namun, saat kita bukan akan menggunakan cara di atas. Mari kita lihat cara instalasi yang lebih tricky. Pertama buka terminal. Lalu untuk keseragaman di tutorial, kita mulai dari home masing-masing user.
$ cd ~
$ mkdir xchat_master && cd xchat_master
Dengan command di atas kita sudah membuat folder xchat_master di dalam folder home kita dan sudah masuk ke dalam folder xchat_master. Selanjutnya kita buka browser untuk akses apt-web Repo UGM. Dalam keterangan yang tertera di websitenya, apt-web digunakan untuk mengambil file-file yang berhubungan dengan paket tertentu tanpa perintah apt-get. Masukkan “xchat” ke dalam form packages yang tersedia. Maka akan muncul daftar link yang akan kita download.























Drag semua link yang ada, lalu copy. Masuk kembali ke terminal yang terakhir. Kita buat file teks biasa untuk kita copy daftar link tadi ke file tersebut.
$ nano daftarLink.text
Ketika sudah masuk dalam nano editor, tekan Ctrl+Shift+V. Untuk exit tekan Ctrl+X lalu tekan Y untuk simpan. Lalu kita lakukan download dengan sumber dari file yang berisi daftar link tadi.
$ wget -i daftarLink.text
Apabila proses download sudah selesai, kita lanjutkan dengan instalasi. Command yang digunakan sangat sederhana. Tapi ingat, sebaiknya command ini digunakan dengan file *deb suatu software tertentu yang sudah terkumpul dalam satu folder. Karena itulah proses instalasi ini dapat kita lanjutkan tanpa perlu khawatir karena sejak awal kita sudah membuat folder khusus untuk menampung hasil download.
$ sudo dpkg -i *deb
Selesai proses install, program XChat sudah dapat digunakan.
Selamat mencoba  b (^_^)

Share Please :

Posted by : Keiruchan Agatha ~ / Portal Media Informasi Pilihan

Markup Validation Service
Anda telah membaca artikel Instalasi Xchat Ditulis oleh Keiruchan Agatha pada Kamis, 26 April 2012. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link yang ada di bawah sebagai sumbernya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Salam blogger and Happy blogging.

Baca Yang Ini Juga Boz :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan tidak meninggalkan link. Jika ada kesalahan dalam artikel ini dan jika ada saran dan kritik silahkan tulis komentar anda dibawah dengan baik dan sopan... ;)
Dan jika kedapatan link yang mati dalam penempatan software atau game harap beritahukan agar segera diperbaiki...

 
Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service