Tingkatan Di Dunia Hacking

Diposting oleh Keiruchan Agatha on Sabtu, 21 Januari 2012

Markup Validation Service
Tidak ada kasta maupun diskriminasi dalam dunia hacking, namun mereka tetap memiliki tingkatan-tingkatan tertentu sebagai pengakuan atas ekstensi mereka di dunianya. Berikut ini beberapa tingkatan pelaku hacking berdasarkan pengamatan. Klasifikasi tersebut sama sekali tidak memiliki aturan pakem/baku karena sebuah penilaian dimana seorang pereteas masuk kategori 1 atau 2 tergantung sikap, tindak-tanduk serta skill yang dimilikinya.
  1. Elite. Cirinya adalah seorang yang memiliki kemampuan tingkat mahir, dia mampu mengkonfigurasi jaringan, mampu mengolah dan menciptakan sebuah kode untuk program-program tertentu, memiliki keterampilan yang cukup bagus, efisien, dan praktis, tidak suka melakukan kerusakan, pencurian dan menghancurkan data dari pihak lain. Elite adalah golongan yang cenderung mengikuti aturan-aturan yang ada, baik itu etika tertulis(hukum dan perundang-undangan), maupun etika tak tertulis(aturan moral).
  2. Semi Elite. Mereka merupakan golongan elite yang masih bisa dikatakan sebagai yunior. Kemampuan di bidang pemograman cukup baik dan mampu mencari berbagai lubang kemanan dan sistem/aplikasi tertentu.
  3. Developer Kiddie. Mungkin salah satu dari kalian ingin menjadi bagian dari mereka. Developer Kiddie adalah golongan yang masih duduk di bangku pendidikan, mereka suka melakukan berbagai eksperimen dan mencari pengalaman di setiap kesempatan. Meskipun sebgian besar masih menggunakan Graphic User Interface, namun mereka adalah generasi muda yang harusnya mendidik dengan semangat positif demi kemajuan dunia IT di masa depan. Developer Kiddie mampu mencari berbagai kelemahan dan selalu memberikan ide, visi serta gagasannya untuk satu atau banyak bidang digelutinya, khususnya dunia IT.
  4. Newbie Elite. Mereka adalah golongan pelaku hacking yang masih berada di awang-awang, mereka sadar bahwa kemampuannya belum cukup/dibawah rata-rata, mampu melakukan berbagai jenis aksi hacking, walaupun dalam tahap pembelajaran, menggunakan tool buatan orang lain, namun tak akan menyerah sampai disitu saja. Mereka mencoba keras untuk bisa melakukan hacking secara manual, belajar dunia program dan mencoba membuktikan diri bahwa dia pantas, meskipun karya-karyanya masih sederhana. Dikatakan Newbie Elite karena mereka adalah pemula yang berusaha untuk mengikuti atura-aturan serta etika dunia hacking, tidak merusak, melakukan report admin, membuang jauh-jauh arogansi dan egoisme, siap menerima kritikan, dan mau belajar pada yang lebih mahir darinya.
  5. Script Kiddie. Pada dasarnya mereka memiliki potensi untuk menjadi seorang Developer Kiddie, namun pengetahuan dunia IT dan networking-nya masih sedikit/software buatan orang lain yang di-download dari berbagai forum (misalnya accunetic, havij, inteli templer, trojan eksploit, yahoo boot, dan banyak lagi). Sering kesulitan apabila melakukan hacking secara manual, kurang memahami bahasa pemograman, dan masih dalam tahap pencarian jati diri. Script Kiddie  yang beruntung terkadang mampu mengambil alih akses administrator, akses file manager, penanaman shell, dan deface.  Hanya saja mereka masih kurang sadar atas risiko dari perbuatannya.
  6. Lamer. Tingkatan terendah yang saya harap anda semua tahu bahwa tidak masuk ke dalamnya. Lamer adalah mereka yang sangat senang melakukan kerusakan, mereka tidak memiliki kemampuan yang memadai untuk menjadi seorang hacker, namun sebagaian besar dari mereka terlalu berambisi dan bersemangat untuk membuktikan bahwa dirinya sangat congkak dan sombong. Lamer memiliki semua kriteria dari Script Kiddie, bedanya mereka hanya bisa menggunakan tool buatan orang lain atau meminjam hasil hacking  dari orang yang lebih pintar darinya, tidak memiliki pengetahuan dasar dunia pemograman, senang mencuri akun dan membanggakan diri dengan menuliskan kalimat "Hacked by My Nick". Seolah-olah mereka melakukan deface, padahal yang diambil alih hanyalah akun Twitter atau Facebook. Lamer jarang sekali mendapatkan i, menanam backdoor, apalagi melakukan deface halaman secara total, karena mereka terlanjur puas dengan hasil yang tidak seberapa dari usaha-usaha kerasnya.
Share Please :

Posted by : Keiruchan Agatha ~ / Portal Media Informasi Pilihan

Markup Validation Service
Anda telah membaca artikel Tingkatan Di Dunia Hacking Ditulis oleh Keiruchan Agatha pada Sabtu, 21 Januari 2012. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar. Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link yang ada di bawah sebagai sumbernya. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Salam blogger and Happy blogging.

Baca Yang Ini Juga Boz :

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda dengan tidak meninggalkan link. Jika ada kesalahan dalam artikel ini dan jika ada saran dan kritik silahkan tulis komentar anda dibawah dengan baik dan sopan... ;)
Dan jika kedapatan link yang mati dalam penempatan software atau game harap beritahukan agar segera diperbaiki...

 
Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service Markup Validation Service